Contoh Soal Pemrograman Dasar Smk Rpl Kurikulum K13 Revisi - Kiat Bermanfaat
Contoh Soal Ulangan Semester Pemrograman Dasar RPL - Kali ini admin pos beberapa teladan soal pemrograman dasar untuk siswa Sekolah Menengah kejuruan jurusan RPL. Silahkan soal ini jadikan untuk latihan anda dalam pengertian bahan pemrograman dasar untuk kelas 10 dengan kurikulum K13 revisi.
Dan untuk guru dapat membuat referansi soal pemrograman dasar opsi ganda dan Essy.
Contoh soal pemrograman dasar
1. Dalammenyusun suatu kesibukan ,langkah pertama yang mesti di lakkukan adalahA. Membuatprogram
B. MembuatAlgoritma
C. Membelikomputer
D. Proses
E. Mempelajariprogram
2. Sebuahprosedur langkah demi langkah yang niscaya untuk mengakhiri sebuah masalah di sebut :
A. Proses
B. Program
C. Algoritma
D. Step
E. Diagram
3. Pseudocodeyang di gunakan pada penulisan algoritma berupa :
A. BahassaInggris
B. BahasaPuitis
C. Bahasapemograman
D. Sembarangbahasa asal terstruktur
E. BahasaMesin
4. Padapembuatan kesibukan komputer , algoritma dibentuk :
A. Sebelumpembuatan program
B. Pada saatprogram dibuat
C. Sesudahpembuatan program
D. Pada saatverifikasi program
E. Pada saatdi jalankan
5. Tahapandalam mengakhiri suatu problem merupakan :
A. Masalah-Pseudocode-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil
B. Masalah-Algoritma-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil
C. Masalah-Model-Algoritma-Eksekusi-Hasil
D. Masalah-Model-Algoritma-Program-Eksekusi-hasil
E. Algoritma-Program-Model-Eksekusi-Hasil
6. Diketahuibahwa kantong P kosong. Kantong Q berissi 10 buah kelereng dan kantong R berisi15 kelereng. Apabila yang terbawa cuma suatu kantong dan di katakan BUKANkantong P yang terbawa , Maka jumlah kelereng yang terbawa merupakan :
A. 10
B. 15
C. 10 atau15
D. 10 dan 15
E. Kosong
7. Diberikanalgoritma : Apabila warna merah maka jadi hijau. Apabila warna hijau maka jadiputih , selain warna merah dan hijau maka jadi ungu. Jika keadaan input warnaadalah hitam , maka warna jadi :
A. Merah
B. Ungu
C. Hijau
D. Putih
E. Abu-abu
8. InstruksiP=Q akan menyebabkan nilai P=nilaiQ ,dan nilai Q menjadi :
A. MenjadiSembarang Nilai
B. Menjadihampa
C. Q tetap
D. Menjadi10
E. P tetap
9. Apabilaa=5 , b=10 , maka kalau di berikan aba-aba a=b; b=a akan menyebabkan :
A. a=0 , b=5
B. a=10 ,b=5
C. a=10 ,b=0
D. a=b
E. a=10 ,b=10
10. Di berikanalgoritma P=10; P=P+5; Q=P. Nilai P dan Q masing-masing merupakan :
A. 15 dan 0
B. 0 dan 15
C. 15 dan 15
D. 0 dan 10
E. 10 dan 15
11. Strukturpertama dalam pascal merupakan . .
A. Char;
B. String
C. End.
D. Writeln
E. Uses crt;
12. Untukmelihat hasil dari kesibukan yang di lakukan tekan tombol ...
A. CRTL+F5
B. CRTL+F9
C. CRTL+F2
D. CRTL+F12
E. CRTL+F4
13. Berapakode yang digunakan untuk menghasilkan goresan pena berwarna “CYAN”…
A. 4
B. 2
C. 128
D. 7
E. 3
14. Perintahdasar sederhana dalam kesibukan passcal adalah...
A. Readln
B. End
C. Write
D. Wtiteln
E. Uses crt;
15. Strukturbahasa pemograman pascal paling pertama adalah...
A. Var;
B. Begin
C. End;
D. Uses crt;
E. Writeln;
16. Tipe datapascal untuk huruf adalah...
A. Char
B. Boolean
C. Integer
D. Real
E. Byte
17. Apakepanjangan ari USES…
A. Unitsecure
B. Uni tsyntax
C. Unitsytem
D. Upsoftware
E. Unitsmiconductor
18. Berikutini merupakan penulisan identifier yang benar dalam pemogramn pascal adalah...
A. 9program_satu
B. Program_1
C. Programsatu
D. Begin
E. Array
19. Tipebilangan lingkaran dalam bahasa pascal dipahami sebagi ...
A. Byte
B. Integer
C. Char
D. String
E. Boolean
20. Istilah”perulangan “ dalam pemograman pascal dipahami dengan ...
A. Repeating
B. Again
C. Funtion
D. Replay
E. Looping
21. Perintahuntuk menutup kesibukan dalam pascal adalah...
A. End.
B. Program
C. Uses crt;
D. Finish
E. End;
22. Menggambarkanprogram secara kecerdikan merupakan fungsi dari...
A. Flowchart
B. Dxdiag
C. Begin
D. SI
E. Sistemoprasi
23. Perintahuntuk memperlihatkan atau cetak dilayar monitor tanpa pindah baris ,disebut...
A. Writeln
B. Write
C. Readln
D. Read
E. Begin
24. Perintahuntuk memperlihatkan atau mencetak dilayar monitor kemudian pindah baris kebawah ,disebut...
A. Writeln
B. Write
C. Readln
D. Read
E. Begin
25. Tipe datayang cocok untuk menyimpan data nama siswa merupakan …
A. Numeric
B. Character
C. Date/Time
D. Array
E. Integer
Uraian
1. Definisikanapa yg dimaksud algoritma!
2. pengertiandari array dua dimensi dan Array adalah….
3. Definisikanstruktur kendali perulangan dalam pemrograman dan sebutkan contohnya ?
4. Jelaskankode kesibukan di atas
5. Tuliskankaliamat yang timbul kalau kode kesibukan ini di RUN
Terimakasih , dan jangan lupa share ke teman dekat sahabat yang lain. Terimakasih
Tidak ada komentar untuk "Contoh Soal Pemrograman Dasar Smk Rpl Kurikulum K13 Revisi - Kiat Bermanfaat"
Posting Komentar