Rpp Pbo Rpl Kurikulim 2013 Revisi - Kiat Bermanfaat

RPP PBO RPL Kurikulum 2013 Revisi - Jika anda mencari RPP dan Silabus dari mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek  kompetensi kemampuan Rekayasa Perangkat Lunak kelas XI , beserta silabusnya silahkan download RPP PBO di bawah ini.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP )


Nama Sekolah :  Sekolah Menengah kejuruan Kesehatan Bakti Husada Sumpiuh
Mata Pelajaran :  Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)
Kelas / Semester :  XI RPL
Materi Pokok : Memahami Konsep Pemrograman Berorientasi Objek
  (PBO)
Alokasi Waktu :  7 x 45 Menit (2 x pertemuan)

A. Kompetensi Inti

  1. Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya
  2. Menunjukkan sikap ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam acara sehari-hari selaku wujud implementasi sikap dalam mengerjakan percobaan dan berdiskusi 
  3. Memahami , menerapkan , menganalisis dan mengecek pengetahuan faktual , konseptual , prosedural , dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan , teknologi , seni , budaya , dan humaniora dengan pengetahuan kemanusiaan , kebangsaan , kenegaraan , dan peradaban terkait penyebab fenomena dan insiden dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah


B. Kompetensi Dasar
3.1 Memahami konsep   pemrograman berorientasi obyek
3.2 Memahami dasar-dasar dan aturan pemrograman berorientasi obyek
4.1 Menyajikan rancangan pemrograman berorientasi obyek
4.2 Menyajikan aturan dan dasar-dasar pemrograman berorientasi obyek

Indikator :
Dapat menyelesaikan kendala ihwal rancangan pemrograman berorientasi obyek
Dapat membandingkan antara pemrograman procedural dan pemrograman berorientasi obyek
Dapat menginstalasi perangkat lunak pemrograman berorientasi obyek
Dapat mengenali aturan dan dasar-dasar pemrograman berorientasi objek

C. Tujuan Pembelajaran

  1. Sebelum , selama , dan setelah proses pembelajaran , siswa sanggup mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan pedoman agama (seperti berdoa dan memberi salam).
  2. Selama dan setelah proses pembelajaran , siswa sanggup berbincang sikap ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli kepada sesama teman) selaku wujud implementasi sikap dalam mengerjakan percobaan dan berdiskusi.
  3. Setelah mengenali isyarat yang digunakan untuk mengenali ihwal rancangan pemrograman berorientasi objek , siswa sanggup mengeksplorasi dalam mengetahui rancangan PBO serta membandingkan antara pemrograman procedural dengan PBO.
  4. Dengan pengertian yang mereka sanggup , siswa dibutuhkan sanggup mengerjakan editing kode acara JAVA sederhana yang cuma menampung satu class , mengerjakan kompilasi acara dan mengeksekusi acara JAVA serta siswa sanggup mengetahui tipe data sederhana , operator , statemen keadaan dan komunikasi dengan layar lewat masukkan dari keyboard dengan class console.


D. Materi Pembelajaran

  1. Teori singkat Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)
  2. Tipe dan operator dalam Java
  3. Perbandingan Pemrograman Berorientasi Objek dengan Pemrograman Prosedural
  4. Karakteristik Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)


1. Teori Singkat Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)

Program JAVA dirancang sebagai  suatu pemrograman berorientasi objek (OOP=Object Orientation Programming) secara penuh. Dalam pemrograman   PASCAL yang untuk TURBO PASCAL model 5 ke atas sudah mendukung OOP atau C++ yang sudah sarat mendukung OOP tetapi dalam kedua bahasa yang terakhir tersebut masih dimungkinkan untuk menciptakan acara dengan pendekatan acara terencana , yang dalam  lingkup pemrograman JAVA hal ini tidak sanggup lagi dilakukan.
Struktur acara JAVA dibentuk dengan mendefinisikan suatu class dengan syntax :

[public] class
{  // definisi atribut dari kelas tersebut
   // definisi method yang memanipulasi atribut
}
Keterangan :
[public] = berbincang bahwa class tersebut sanggup diases oleh class yang lain. Apabila kata public tidak dicantumkan berbincang bahwa class tersebut cuma sanggup diases oleh class tertentu.
NamaKelas = merupakan nama dari programer sesuai dengan persoalan.
Selanjutnya didalam suatu class sanggup didefinisikan atribut-atribut class tersebut dan juga method-method yang memanipulasi atribut class tersebut.

Suatu class sanggup dihukum apabila didalam class tersebut didefinisikan suatu method yang disebut  main() , yakni :

public static void main(String[] args)

2. Tipe Data  dan Operator dalam JAVA

JAVA mengenal tipe data yang seumpama dengan C++. Untuk data numerik dimiliki beberapa tipe , yakni :

Integer :
int 4 byte kisaran nilai :-2.147.486.648 s/d 2.147.486.647
short 2 byte kisaran nilai :-32.768 s/d 32.767
long 8 byte kisaran nilai :-9.223.372.036.854.775.808L s/d
9.223.372.036.854.775.807L
byte 1 byte kisaran nilai :-128 s/d 127

Floating point
float   4 byte kisaran nilai :+3.40282347E+38F  (7 digit ignifikan)
double  8 byte          kisaran nilai :+1.79769313486231570E+308 (15 digit
                                                      signifikan)
Karakter dan string
char 1 byte 1 karakter
String suatu objek string dan manipulasinya

Satu hal yang berlainan dengan C++ merupakan untuk String dalam JAVA merupakan suatu objek , yang mengandung beberapa method untuk manipulasi objek tersebut. Meskipun demikian suatu objek String sanggup diisi suatu nilai string sebagaimana layaknya variabel biasa.
Contoh :
String  Nama = ”JON SHOLEH”;
atau :
String Nama;
Nama = “JON SHOLEH”;

Beberapa method dari objek string Nama antara lain :
Nama.length()  akan menciptakan : 10
Nama.substring(0 ,3) akan menciptakan : “JON”

Contoh acara yang melibatkan data merupakan selaku berikut :

class OperasiDATA
{ public static void main(String args[])
  {
  int    a;
  float  b;
  double c;
  String d;
  a=(int)1/3;
  b=(float)1/3 ;
  c=(double)1/3 ;
  d="JON SHOLEH";
  System.out.println("a = " +a);
  System.out.println("b = " +b);
  System.out.println("c = " +c);
  System.out.println("d = " +d);
  System.out.println("d.length() = " +d.length());
  System.out.println("d.substring(0 ,3) = " +d.substring(0 ,3));
  }
}
Output dari acara tersebut merupakan :
a = 0
b = 0.333333
c = 0.333333
d = JON SHOLEH
d.length() = 10
d.substring(0 ,3) =JON
== untuk SAMA DENGAN
!= untuk TIDAK SAMA DENGAN
&& untuk operator AND
||    untuk operator OR

3. Perbandingan PBO dengan Pemrograman Prosedural



4. Karakteristik Pemrograman Berorientasi Objek

Obyek mempunyai status (state) dan tingkah laris (behavior)
Status (state) disebut juga dengan atribut
Contoh obyek : obyek mobil
- Atribut : merek , warna , materi bakar
- Method : pindah persnelling , kecepatan bertambah , dll
Pada OOP : status disimpan dalam variabel , dan tingkah laris disimpan dalam method
Suatu acara disebut dengan pemrograman berbasis obyek (OOP) alasannya merupakan terdapat :
- Encapsulation (pembungkusan)
- Inheritance (pewarisan)
- Polymorphism (polimorfisme – perbedaan bentuk)
1. Encapsulation (pembungkusan)
Variabel dan method dalam suatu obyek dikemas biar terlindungi
Untuk mengakses , variabel dan method yang sudah dikemas tadi perlu interface
Setelah variabel dan method dikemas , hak susukan terhadapnya sanggup ditentukan
Konsep pembungkusan ini intinya merupakan ekspansi dari tipe data struktur
2. Inheritance (pewarisan)
Sebuah class sanggup mewariskan atribut dan method-nya ke class yang lain
Class yang mewarisi disebut superclass
Class yang diberi warisan disebut subclass
Sebuah subclass sanggup mewariskan atau berlaku selaku superclass bagi class lainnya => disebut multilevel inheritance
3. Polimorphism (polimorfisme)
Polimorfisme artinya penyamaran dimana suatu bentuk sanggup mempunyai lebih dari satu bentuk

E. Metode Pembelajaran

Pendekatan : Scientific (Ilmiah)
Model : Project  Based Learning (Berbasis Proyek)
Metode :
1. Observing (Mengamati)
2. Questioning (Mempertanyakan)
3. Exploring/Experimenting (Bereksperimen/Mengumpulkan Informasi)
4. Associating (Mengasosiasi)
5. Communicating/Networking (Mengkomunikasikan)
6. Ceramah

F. Media , Alat , dan Sumber Pembelajaran

1. Media : Slide Presentasi
2. Alat/bahan : LCD Proyektor , Spidol
3. Sumber belajar: Panduan Jeni Jardiknas , 2007-2008

Download RPP PBO Kelas XI KI KD 3.1-4.1 disini

Berlangganan update postingan modern via email:

Tidak ada komentar untuk "Rpp Pbo Rpl Kurikulim 2013 Revisi - Kiat Bermanfaat"