Rpp Pbo Rpl Kurikulim 2013 Revisi - Kiat Bermanfaat
RPP PBO RPL Kurikulum 2013 Revisi - Jika anda mencari RPP dan Silabus dari mata pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek kompetensi kemampuan Rekayasa Perangkat Lunak kelas XI , beserta silabusnya silahkan download RPP PBO di bawah ini.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP )
Nama Sekolah : Sekolah Menengah kejuruan Kesehatan Bakti Husada Sumpiuh
Mata Pelajaran : Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)
Kelas / Semester : XI RPL
Materi Pokok : Memahami Konsep Pemrograman Berorientasi Objek
(PBO)
Alokasi Waktu : 7 x 45 Menit (2 x pertemuan)
A. Kompetensi Inti
- Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya
- Menunjukkan sikap ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam acara sehari-hari selaku wujud implementasi sikap dalam mengerjakan percobaan dan berdiskusi
- Memahami , menerapkan , menganalisis dan mengecek pengetahuan faktual , konseptual , prosedural , dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan , teknologi , seni , budaya , dan humaniora dengan pengetahuan kemanusiaan , kebangsaan , kenegaraan , dan peradaban terkait penyebab fenomena dan insiden dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
B. Kompetensi Dasar
3.1 Memahami konsep pemrograman berorientasi obyek
3.2 Memahami dasar-dasar dan aturan pemrograman berorientasi obyek
4.1 Menyajikan rancangan pemrograman berorientasi obyek
4.2 Menyajikan aturan dan dasar-dasar pemrograman berorientasi obyek
Indikator :
• Dapat menyelesaikan kendala ihwal rancangan pemrograman berorientasi obyek
• Dapat membandingkan antara pemrograman procedural dan pemrograman berorientasi obyek
• Dapat menginstalasi perangkat lunak pemrograman berorientasi obyek
• Dapat mengenali aturan dan dasar-dasar pemrograman berorientasi objek
C. Tujuan Pembelajaran
- Sebelum , selama , dan setelah proses pembelajaran , siswa sanggup mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan pedoman agama (seperti berdoa dan memberi salam).
- Selama dan setelah proses pembelajaran , siswa sanggup berbincang sikap ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli kepada sesama teman) selaku wujud implementasi sikap dalam mengerjakan percobaan dan berdiskusi.
- Setelah mengenali isyarat yang digunakan untuk mengenali ihwal rancangan pemrograman berorientasi objek , siswa sanggup mengeksplorasi dalam mengetahui rancangan PBO serta membandingkan antara pemrograman procedural dengan PBO.
- Dengan pengertian yang mereka sanggup , siswa dibutuhkan sanggup mengerjakan editing kode acara JAVA sederhana yang cuma menampung satu class , mengerjakan kompilasi acara dan mengeksekusi acara JAVA serta siswa sanggup mengetahui tipe data sederhana , operator , statemen keadaan dan komunikasi dengan layar lewat masukkan dari keyboard dengan class console.
D. Materi Pembelajaran
- Teori singkat Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)
- Tipe dan operator dalam Java
- Perbandingan Pemrograman Berorientasi Objek dengan Pemrograman Prosedural
- Karakteristik Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)
1. Teori Singkat Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)
Program JAVA dirancang sebagai suatu pemrograman berorientasi objek (OOP=Object Orientation Programming) secara penuh. Dalam pemrograman PASCAL yang untuk TURBO PASCAL model 5 ke atas sudah mendukung OOP atau C++ yang sudah sarat mendukung OOP tetapi dalam kedua bahasa yang terakhir tersebut masih dimungkinkan untuk menciptakan acara dengan pendekatan acara terencana , yang dalam lingkup pemrograman JAVA hal ini tidak sanggup lagi dilakukan.Struktur acara JAVA dibentuk dengan mendefinisikan suatu class dengan syntax :
[public] classKeterangan :
{ // definisi atribut dari kelas tersebut
// definisi method yang memanipulasi atribut
}
[public] = berbincang bahwa class tersebut sanggup diases oleh class yang lain. Apabila kata public tidak dicantumkan berbincang bahwa class tersebut cuma sanggup diases oleh class tertentu.
NamaKelas = merupakan nama dari programer sesuai dengan persoalan.
Selanjutnya didalam suatu class sanggup didefinisikan atribut-atribut class tersebut dan juga method-method yang memanipulasi atribut class tersebut.
Suatu class sanggup dihukum apabila didalam class tersebut didefinisikan suatu method yang disebut main() , yakni :
public static void main(String[] args)
2. Tipe Data dan Operator dalam JAVA
JAVA mengenal tipe data yang seumpama dengan C++. Untuk data numerik dimiliki beberapa tipe , yakni :Integer :
int 4 byte kisaran nilai :-2.147.486.648 s/d 2.147.486.647
short 2 byte kisaran nilai :-32.768 s/d 32.767
long 8 byte kisaran nilai :-9.223.372.036.854.775.808L s/d
9.223.372.036.854.775.807L
byte 1 byte kisaran nilai :-128 s/d 127
Floating point
float 4 byte kisaran nilai :+3.40282347E+38F (7 digit ignifikan)
double 8 byte kisaran nilai :+1.79769313486231570E+308 (15 digit
signifikan)
Karakter dan string
char 1 byte 1 karakter
String suatu objek string dan manipulasinya
Satu hal yang berlainan dengan C++ merupakan untuk String dalam JAVA merupakan suatu objek , yang mengandung beberapa method untuk manipulasi objek tersebut. Meskipun demikian suatu objek String sanggup diisi suatu nilai string sebagaimana layaknya variabel biasa.
Contoh :
String Nama = ”JON SHOLEH”;
atau :
String Nama;
Nama = “JON SHOLEH”;
Beberapa method dari objek string Nama antara lain :
Nama.length() akan menciptakan : 10
Nama.substring(0 ,3) akan menciptakan : “JON”
Contoh acara yang melibatkan data merupakan selaku berikut :
class OperasiDATA
{ public static void main(String args[])
{
int a;
float b;
double c;
String d;
a=(int)1/3;
b=(float)1/3 ;
c=(double)1/3 ;
d="JON SHOLEH";
System.out.println("a = " +a);
System.out.println("b = " +b);
System.out.println("c = " +c);
System.out.println("d = " +d);
System.out.println("d.length() = " +d.length());
System.out.println("d.substring(0 ,3) = " +d.substring(0 ,3));
}
}
Output dari acara tersebut merupakan :
a = 0
b = 0.333333
c = 0.333333
d = JON SHOLEH
d.length() = 10
d.substring(0 ,3) =JON
== untuk SAMA DENGAN
!= untuk TIDAK SAMA DENGAN
&& untuk operator AND
|| untuk operator OR
3. Perbandingan PBO dengan Pemrograman Prosedural
4. Karakteristik Pemrograman Berorientasi Objek
• Obyek mempunyai status (state) dan tingkah laris (behavior)• Status (state) disebut juga dengan atribut
• Contoh obyek : obyek mobil
- Atribut : merek , warna , materi bakar
- Method : pindah persnelling , kecepatan bertambah , dll
• Pada OOP : status disimpan dalam variabel , dan tingkah laris disimpan dalam method
• Suatu acara disebut dengan pemrograman berbasis obyek (OOP) alasannya merupakan terdapat :
- Encapsulation (pembungkusan)
- Inheritance (pewarisan)
- Polymorphism (polimorfisme – perbedaan bentuk)
1. Encapsulation (pembungkusan)
• Variabel dan method dalam suatu obyek dikemas biar terlindungi
• Untuk mengakses , variabel dan method yang sudah dikemas tadi perlu interface
• Setelah variabel dan method dikemas , hak susukan terhadapnya sanggup ditentukan
• Konsep pembungkusan ini intinya merupakan ekspansi dari tipe data struktur
2. Inheritance (pewarisan)
• Sebuah class sanggup mewariskan atribut dan method-nya ke class yang lain
• Class yang mewarisi disebut superclass
• Class yang diberi warisan disebut subclass
• Sebuah subclass sanggup mewariskan atau berlaku selaku superclass bagi class lainnya => disebut multilevel inheritance
3. Polimorphism (polimorfisme)
• Polimorfisme artinya penyamaran dimana suatu bentuk sanggup mempunyai lebih dari satu bentuk
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific (Ilmiah) Model : Project Based Learning (Berbasis Proyek)
Metode :
1. Observing (Mengamati)
2. Questioning (Mempertanyakan)
3. Exploring/Experimenting (Bereksperimen/Mengumpulkan Informasi)
4. Associating (Mengasosiasi)
5. Communicating/Networking (Mengkomunikasikan)
6. Ceramah
F. Media , Alat , dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Slide Presentasi2. Alat/bahan : LCD Proyektor , Spidol
3. Sumber belajar: Panduan Jeni Jardiknas , 2007-2008
Download RPP PBO Kelas XI KI KD 3.1-4.1 disini
Tidak ada komentar untuk "Rpp Pbo Rpl Kurikulim 2013 Revisi - Kiat Bermanfaat"
Posting Komentar